IMPLEMENTASI INKUIRI BEBAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO TAHUN AKADEMI 2015/2016

yudhayanti, devita (2017) IMPLEMENTASI INKUIRI BEBAS DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIFITAS BELAJAR MAHASISWA AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO TAHUN AKADEMI 2015/2016. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 4 (2). ISSN 2406 – 8659

[thumbnail of similarity] Text (similarity)
IMPLEMENTASI INKUIRI BEBAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA AKAFARMA SUNAN GIRI PONOROGO TAHUN AKADEMI 2015_2016.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 926-Article Text-2695-1-10-20171031.pdf] Text
926-Article Text-2695-1-10-20171031.pdf

Download (477kB)
[thumbnail of peer review 1.pdf] Text
peer review 1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh dalam tercapainya
tujuan pembelajaran. Di Akafarma Sunan Giri Ponorogo, metode pembelajaran kuliah maupun
praktikum yang berlangsung selama ini lebih banyak didominasi oleh dosen maupun asisten.
Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang mandiri dan kurang aktif dalam melaksanakan proses
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan masalah tersebut, Metode Inkuiri Bebas merupakan salah
satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan hasil belajar
mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Inkuiri Bebas dalam
upaya meningkatkan hasil belajar mahasiswa Akafarma Sunan Giri Ponorogo tahun akademi
2015/2016. Penelitian ini menggunakan subyek peneliti mahasiswa Akafarma Sunan Giri
Ponorogo semester IV ( empat ) Tahun Akademi 2015/2016 dengan jumlah mahasiswa 25
mahasiswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh
secara langsung dari mahasiswa dan dosen yang meliputi aspek kognitif, data motivasi
mahasiswa, aktifitas mahasiswa, aktifitas dosen. Teknik pengumpulan data yang diperoleh
menggunakan Tes Tulis, Lembar observasi dan Angket. Dalam menganalisa data aspek kognitif
digunakan rumus ketuntasan belajar individual dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I aspek kognitif, motivasi, dan aktifitas dosen
sudah menunjukkan hasil yang mencapai indikator, sedangkan aktifitas mahasiswa belum
mencapai indikator yang diinginkan, yaitu 64% yang diinginkan adalah 80%. Pada siklus II,
terjadi peningkatan menjadi 92% sehingga dapat dikatakan pada siklus II ini sudah mencapai
indikator yang diinginkan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan
bahwa metode inkuiri bebas dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email akafarmaponorogo@gmail.com
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:46
Last Modified: 08 Oct 2021 04:46
URI: http://repo.akafarmaponorogo.ac.id/id/eprint/6

Actions (login required)

View Item
View Item