PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS

yudhayanti, devita (2015) PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS. jurnal inkuiri, 4 (4).

[thumbnail of PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS.pdf] Text
PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MODEL SAINS TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH DAN KREATIVITAS.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Peer review 2.pdf] Text
Peer review 2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of jurnal inkuiri 2015.pdf] Text
jurnal inkuiri 2015.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran sains teknologi masyarakat
menggunakan eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan ditinjau dari sikap ilmiah (tinggi dan
rendah), kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar, interaksi model pembelajaran sains teknologi
dan masyarakat menggunakan eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan ditinjau dari sikap ilmiah
(tinggi dan rendah), kreativitas (tinggi dan rendah) terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode
eksperimen dengan sampel tiga kelas; kelas eksperimen laboratorium, kelas eksperimen lapangan dan kelas
biasa (exiting learning).Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Kesehatan Bhakti Indonesia
Medika Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013.Sampel diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling.
Data dikumpulkan dengan tes, lembar observasi dan angket untuk hasil belajar kognitif, psikomotor, afektif ,
sikap ilmiah dan kreativitas. Hipotesis diuji menggunakan ANAVA tiga jalan.Dari hasil analisis data dan
pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa : 1) ada perbedaan penggunaan model sains teknologi masyarakat
dengan menggunakan eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium terhadap hasil belajar kognitif,
psikomotor dan afektif . 2) ada perbedaan sikap ilmiah terhadap hasil belajar kognitif, psikomotor dan afektif
siswa. 3) ada perbedaan kreativitas terhadap belajar kognitif,psikomotor dan afektif siswa. 4) tidak ada
interaksi pembelajaran model sains teknologi masyarakat menggunakan eksperimen lapangan dan
eksperimen laboratorium dengan sikap ilmiah terhadap prestasi belajar kognitif dan psikomotor siswa, tetapi
ada interaksi terhadap hasil belajar afektif. 5) tidak ada interaksi pembelajaran model sains teknologi
masyarakat menggunakan eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium dengan kreativitas terhadap
hasil belajar kognitif, psikomotor dan afektif siswa. 6) tidak ada interaksi antara sikap ilmiah dan kreativitas
terhadap hasil belajar kognitif,psikomotor dan afektif siswa. 7) tidak interaksi antara model sains teknologi
masyarakan menggunakan eksperimen lapangan dan eksperimen laboratorium dengan sikap ilmiah dan
kreativitas terhadap hasil belajar kognitif, psikomotor dan afektif siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email akafarmaponorogo@gmail.com
Date Deposited: 08 Oct 2021 04:37
Last Modified: 08 Oct 2021 04:37
URI: http://repo.akafarmaponorogo.ac.id/id/eprint/5

Actions (login required)

View Item
View Item